Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Begini Sistem Penilaian UTBK SNBT 2024

Sistem penilaian UTBK menjadi salah satu hal terpenting dalam SNBT 2024. Sistem penilaian ini akan berpengaruh pada tingkat kelulusan masing-masing peserta UTBK SNBT. Berikut sistem-sistem penilaian UTBK SNBT di tahun 2024 ini:

1. Sistem Penilaian

Sekretaris SNPMB, Bekti mengatakan bahwa sistem penilaian dalam UTBK SNBT 2024 tidak ada sistem minus atau pengurangan nilai jika jawabannya salah. Maka dari itu, beliau tetap menghimbau bahwa lebih baik jika peserta UTBK menjawab semua soal.

2. Sistem Tes UTBK

UTBK 2024 menggunakan sistem IRT untuk menilai bobot soal yang dijawab peserta. Dalam sistem IRT ini, setiap soal memiliki bobot masing-masing tergantung jawaban dari seluruh peserta atau populasi yang akan ditentukan setelah ujian UTBK telah selesai.

Bekti juga melanjutkan pernyataannya bahwa di sistem IRT untuk tes UTBK 2024 nanti jikalau soal tersebut banyak dijawab benar, bobotnya rendah, tetapi kalau soal tersebut hanya dijawab benar oleh sedikit orang, maka bobotnya tinggi.

3. Bentuk Soal yang Diujikan

Ada dua tipe soal dalam UTBK 2024 ini, yaitu pilihan ganda sederhana dan pilihan ganda kompleks. Bentuk soal jawaban singkat yang diujikan tahun ini juga hanya digunakan untuk menulis- kan bilangan angka bulat saja.

Baca Juga